PEMANFAATAN SISTEM MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran Yang Diampu Oleh Dr. H. Hudiana Hernawan, M.S.
Disusun Oleh:
Riana Abdul Azis NIM 20861007
PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI
PENDIDIKAN SEKOLAH PASCASARJANA
INSTITUT PENDIDIKAN INDONESIA GARUT
2021
Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan
suara. Untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi, melalui media
elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.
Pengertian Multimedia Interaktif menurut beberapa
ahli dijelaskan sebagai berikut:
1. Menurut Robin dan Linda (seperti dikutip Benardo,
2011) Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang
dinamis dan interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
gambar video.
2. Menurut Hofstetter (seperti dikutip Benardo, 2011)
Multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan
menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi,
berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi
Jenis Multimedia Interaktif
Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011) jenis multimedia interaktif
terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
- Multimedia Interaktif Online Multimedia
interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya
melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya situs Web, Yahoo
Messengers, dan lain sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang
komunitas sasarannya luas, dan mencakup masyarakat luas.
- Multimedia Interaktif Offline Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampainnya tidak melalui jalur/kawat/saluran/ jaringan. Contohnya CD interaktif : Company Profile, Media Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.
1.
Komunikasi antar bisnis: manajemen, absensi,
keuangan.
2.
Komunikasi bisnin dan konsumen: e-commerce.
3.
Komunikasi antar konsumen: jejaring sosial.
4.
E-Learning: training, alat bantu pengajaran, media
pembelajaran.
5.
Hiburan: games.
6.
Komunikasi pemerintah: informasi publik, layanan masyarakat.
7.
Komunikasi kebudayaan: informasi museum dan galeri.
Sumber :
Arsyad azhar. 2008. Media pembelajaran. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Asnawir. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat
Press.
Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:
Rineka Cipta.
Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Teras.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Naim, Ngainum. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
sir.stikom.edu/302/5/BAB%20II.pdf elib.unikom.ac.id/download.php?id=192223
Komentar
Posting Komentar