Langsung ke konten utama

Delphi 7 SMK Al Mukhtariyah

 


borland

Tentang sejarah bahasa pemrograman Delphi dan Instalasi Borland Delphi 7.
Delphi 7 merupakan salah satu perangkat lunak atau program pengembangan aplikasi berbasis object Pascal produksi dari Borland. Sebagai salah satu bahasa pemrograman Delphi 7 mempunyai keunggulan dari segi produktifitas, yaitu :
>> Kualitas dari lingkungan pengembangan visual
>> Kecepatan dari compiler dibandingkan dengan kompleksitasnya
>> Kekuatan dari bahasa pemrograman dibandingkan dengan kompleksitasnya
>> Fleksibilitas dari arsitektur basis data
>> Pola disain dan pemakaian yang diwujudkan oleh framework-nya
Delphi 7 dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi seperti permainan (games), internet, hingga ke aplikasi database. Khusus untuk pemrograman database, Delphi 7 menyediakan fasilitas objek yang kuat dan lengkap yang memudahkan programmer dalam membuat program. Format database yang dapat diakses Delphi 7 adalah format database Paradox, dBase, MS Access, ODBC, SyBASE, Oracle, MySQL, MS SQL Server, Informix, Interbase dan lain-lain.
Selanjutnya aku akan bahas tentang menu-menu yang ada dan yang terdapat pada Borland Delphi 7


Menjalankan Delphi 7
Untuk memulai atau menjalankan program aplikasi Delphi 7 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Klik menu Start >> All Programs >> Pilih Borland Delphi 7, kemudian klik Delphi 7
kemudian akan muncul tampilan lingkungan kerja Delphi 7 (IDE) seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
1
Gambar IDE pada Borland Delphi 7

Ngomong-ngomong tentang IDE, apa sih IDE itu ??
IDE (Integrated Development Environment) merupakan sebuah lingkungan di mana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendisain aplikasi, menjalankan dan menguji suatu aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program.

IDE (Integrated Development Environment) Delphi 7 atau lingkungan pengembangan terpadu merupakan lingkungan kerja Delphi 7 yang terbagi menjadi delapan bagian utama, yaitu :
  1. Main Window
  2. ToolBar
  3. Component Palette
  4. Form Designer
  5. Object TreeView
  6. Object Inspector
  7. Code Editor
  8. Code Explorer

Main Window
2
Gambar Main Window
Main Window atau jendela utama adalah bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi Windows lainnya. Jendela utama Delphi 7 terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
  1. Main Menu
  2. Toolbar
  3. Component Palette
Main Menu
3
Gambar Main Menu
Dengan menggunakan fasilitas dari menu utama (main menu), Anda dapat memanggil atau menyimpan program. Pada dasarnya semua perintah yang Anda berikan dapat ditemukan  pada bagian menu utama ini.
Toolbar (Speedbar)
4
Gambar Toolbar
Delphi 7 memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi sebagai pengganti suatu menu perintah yang sering digunakan. Pada kondisi default Delphi 7 memiliki tujuh bagian toolbar, antara lain: Standard, View, Debug, Custom, Componen Palette, Desktops dan Internet.
Tombol-tombol yang terletak pada bagian toolbar dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Prosedur perintah yang dapat Anda gunakan untuk menambah atau mengurangi tombol pada bagian toolbar adalah :
1. Klik kanan pada bagian toolbar dan pilih Customize
5
Gambar Kotak Dialog Toolbar
2. Sehingga muncul kotak dialog Customize, lalu pilih tab Commands
6
Gambar Kotak Dialog Customize
3. Untuk menambah tombol pada bagian toolbar, pilihlah ikon tombol perintah yang terdapat pada kotak Commands kemudian tariklah ikon tersebut ke bagian toolbar. Bila telah selesai klik Close.
4. Untuk mengurangi tombol perintah yang terletak pada bagian toolbar, pilihlah ikon tombol perintah pada toolbar dan kemudian tarik ikon tersebut keluar dari toolbar.
Component Palette
7
Gambar Component Palette
Component Palette berisi kumpulan icon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Pada Component Palette Anda akan menemukan beberapa page control seperti Standard, Additional, Win32, System, Data Access dan lain-lain seperti pada gambar diatas. Icon component terdapat di setiap page control. Page control ini dipakai untuk memilih icon component.
Form Designer
8
Gambar Form Designer
Form merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang dialog program aplikasi. Form berbentuk sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil dari Component Palette. Pada saat Anda memulai Delphi 7, Delphi 7 akan memberikan sebuah form kosong yang disebut Form1, seperti gambar diatas ini.
Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form dan Anda dapat mengendalikan komponen-komponen yang terletak dalam form dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor.

Object Inspector
Object Inspector terdiri dari dua tab, yaitu Properties dan Events seperti gambar dibawah ini. Pada awalnya yang kelihatan hanya tab Properties sedangkan tab Events tidak kelihatan, untuk menampilkan klik tab Events
9
Gambar Object Inspector
Object Inspector digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah komponen pada posisi tab Properties, sedangkan pada posisi tab Events digunakan untuk memilih dan membuka events procedure.
Object TreeView
Object TreeView menampilkan diagram pohon dari komponen-komponen yang bersifat visual maupun nonvisual yang telah terdapat dalam form, data module, atau frame. Object TreeView juga menampilkan hubungan logika antar komponen. Apabila Anda mengklik kanan salah satu item yang terdapat di dalam diagram pohon, Anda dapat melihat konteks menu komponen versi sebelumnya. Untuk mengakses menu secara penuh, klik kanan pada komponen yang sama dalam form, data module, atau frame.
Code Editor
Pada saat Anda memulai Delphi 7, code editor ini tidak kelihatan. Untuk menampilkannya klik icon Toggle10  pada toolbar sehingga code editor ditampilkan seperti gambar berikut ini.
11
Gambar Code Editor
Code Editor merupakan tempat di mana Anda dapat menuliskan kode program. Pada bagian ini Anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam Object Pascal.  Satu diantara keuntungan bagi pengguna Delphi 7 adalah bahwa Anda tidak perlu menuliskan semua kode-kode program sumber, karena Delphi 7 telah menyediakan kerangka penulisan sebuah program seperti pada gambar diatas.
Code Explorer
Code Explorer merupakan fasilitas baru yang terdapat di dalam Delphi 7 yang tidak ditemukan pada versi-versi sebelumnya. Code Explorer digunakan untuk memudahkan pemakai berpindah antar file unit yang terdapat di dalam jendela Code Editor. Untuk menutup Code Explorer, klik tanda cross yang terdapat di sudut kanan atas, dan untuk membukanya kembali pilih  menu View à Code Explorer dari menu utama atau klik kanan dalam jendela Code Editor kemudian pilih View Explorer.

Selanjutnya saya akan bahas tentang menu di Borland Delphi 7, ini selengkapnya :)
Kegunaan Menu Delphi 7
Menu File
Menu File berisi perintah-perintah dasar yang sering digunakan yang berhubungan dengan pengoperasian file.
Submenu
Fungsi
NewMembuat objek baru berupa project dan form
New – ApplicationMembuat Projek baru. Perintah ini akan menutup projek sebelumnya, membuka code editor baru dengan nama Unit1.Pas, dan form baru dengan nama Form1.
New-CLX ApplicationMembuat kelompok projek baru dengan aplikasi single cross plaform di dalamnya. Anda dapat menggunakan objek CLX untuk membuat aplikasi platform untuk Windows atau Linux. File form tersebut akan dihubungkan dengan aplikasi CLX yang memiliki ekstensi xfm.
New – Data ModuleMembuat data module baru, dan selanjutnya akan ditampilkan kontainer data module pada Desktop. Module ditambahkan di dalam projek yang berlaku.
New- FormMembuat form baru yang masih kosong
New – FrameMembuat frame baru yang masih kosong yang akan ditambahkan di dalam projek yang aktif.
New- UnitMembuat unit baru di dalam jendela code editor
OpenMembuka sebuah objek. Objek tersebut dapat berupa sebuah program atau project.
Open ProjectMembuka Project lama.
ReopenMembuka objek terakhir yang pernah Anda buka sebelumnya.
SaveMenyimpan form yang sedang aktif.
Save AsMenyimpan form yang aktif dengan nama baru.
Save Project AsMenyimpan project yang aktif dengan nama baru.
Save AllMenyimpan semua object yang aktif.
CloseMenutup form. Jika form belum Anda simpan, maka Delphi akan menampilkan kotak konfirmasi tentang penyimpanan file.
Close AllMenutup semua object yang aktif.
Use UnitMembuka sebuah unit untuk project yang aktif.
PrintMencetak item Delphi yang sedang terpilih.
ExitMenutup program aplikasi Delphi.
 Menu Edit
Menu Edit berisi perintah–perintah yang digunakan untuk menyunting teks program dalam jendela code editor, menyunting komponen–komponen yang terletak pada bagian form designer dan beberapa item lainnya.
Submenu
Fungsi
UndoMembatalkan perintah terakhir yang pernah anda berikan
RedoMengulang perintah terakhir yang pernah anda berikan.
CutMemotong teks atau objek yang sedang terpilih
CopyMenyalin teks atau objek yang sedang terpilih
PasteMeletakkan atau menampilkan teks atau objek yang telah anda Cut atau Copy pada posisi tertentu yang anda kehendaki
DeleteMenghapus teks atau objek yang sedang di pilih
Select AllMemilih seluruh teks atau objek
Align to GridMerapikan atau mengatur peralatan objek terpilih terhadap posisi titik–titik grid dalam form
Bring to FrontMeletakkan objek terpilih pada posisi teratas di antara objek lain yang terdapat dalam form
Send to BackMeletakkan objek terpilih pada posisi terbawah diantara objek lain yang terdapat dalam form
AlignMengatur perataan objek–objek terpilih dalam form, baik secara vertikal maupun horizontal
SizeMengatur ukuran lebar dan tinggi objek–objek yang terpilih
ScaleMengubah ukuran seluruh objek yang akan di aktifkan apabila anda menggunakan tombol tab untuk memindah posisi objek yang aktif pada saat form yang telah anda buat dijalankan
Creation OrderMengubah urutan komponen non visual yang akan di aktifkan apabila anda menggunakan tombol tab untuk memindahkan posisi komponen non visual yang aktif pada saat form yang telah anda buat di jalankan
Flip ChildrenMemutar komponen–komponen yang terdapat dalam form secara horisontal
Lock ControlMengunci seluruh komponen yang terdapat dalam form sehingga anda tidak di perkenankan untuk mengubah ukuran dan memindahkan posisi komponen–komponen tersebut.
 Menu Search
Menu Search berisi perintah–perintah yang digunakan untuk mencari dan menyunting teks program dalam jendela code editor.
Submenu
Fungsi
FindMencari teks tertentu dalam code editor
Find in filesMencari teks tertentu dalam code editor yang terletak dalam file lain
ReplaceMencari teks tertentu dan menggantinya dengan teks lain dalam code editor
Search AgainMengulangi perintah pencarian teks yang pernah anda berikan sebelumnya.
Incremental searchMencari teks tertentu yang akan anda ketik. Jalankan perintah ini sehingga akan tampak teks Searching for : pada bagian code editor dan kemudian ketik yang akan anda cari
Go to Line NumberPindah menuju baris program tertentu pada jendela code editor
Find ErrorMencari kesalahan–kesalahan program yang ada dalam jendela code editor
 Menu View      
Menu View berisi perintah yang digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan jendela–jendela tertentu dalam Delphi  7.
Submenu
Fungsi
Project ManagerMenampilkan kotak dialog project manager yang digunakan untuk mengelola struktur hirarki dari suatu project
Object InspectorMenampilkan jendela object inspector yang digunakan untuk mengubah nilai properti dan membuka events procedure komponen–komponen yang digunakan dalam form
Object TreeViewMenampilkan jendela objet treeview yang digunakan untuk menampilkan diagram pohon objek yang terdapat dalam form
Aligment PaletteMenampilkan toolbar align yang berisi tombol perintah untuk mengatur perataaan komponen–komponen yang terdapat dalam suatu form
To Do ListMenampilkan item–item tugas yang dibutuhkan untuk melengkapi pekerjaan dalam project yang berlaku. Anda dapat mengurutkan item–item tersebut sesuai dengan urutan abjad, status, atau berdasarkan prioritas dengan mengklik kolom yang di sediakan
BrowserMenampilkan kotak dialog project browser
Code ExplorerMenampilkan kotak dialog code explorer
Component ListMenampilkan kotak dialog komponen yang berisi daftar nama komponen Delphi 7
Windows ListMenampilkan daftar nama jendela yang sedang dalam kondisi aktif yang dapat  anda pilih
Additional Message InfoMenampilkan kotak dialog Message Hints
Debug WindowsMenampilkan kotak dialog Debug
DesktopsMenampilkan submenu Desktops yang berfungsi untuk mengolah dekstops
Toggle form/unitBerpindah dari form designer ke code editor dan sebaliknya
UnitsMenampilkan dan mengaktifkan daftar nama unit yang terdapat dalam project
FormsMenampilkan dan mengaktifkan daftar nama form yang terdapat dalam project
New edit WindowMembuka jendela code editor baru
ToolbarMenampilkan daftar nama toolbar yang sedang diaktifkan atau disembuyikan
Menu Project   
Menu Project berisi perintah–perintah yang berhubungan dengan pengolahan suatu project.
Submenu
Fungsi
Add to projectMenambahkan unit yang pernah anda buat sebelumnya kedalam project yang sedang aktif
Remove from projectMenghapus unit yang terdapat di dalam project yang sedang aktif
Import Type LibraryMemasukkan type Library lain kedalam sistem program Delphi 7
Add to RepositoryMemasukkan program aplikasi yang telah anda buat kedalam daftar repository. Program aplikasi yang telah dimasukkan dalam daftar repository dapat dipanggil kembali dengan menggunakan file – new
View SourceMenampilkan kode program sumber project yang sedang aktif
LanguangeMengubah tatanan penterjemah (resource dll) pada project anda
Add new projectMenambahkan item baru kedalam kelompok project
Add Exiting projectMenambahkan project lain yang pernah anda buat sebelumnya kedalam kelompok project
Compile ProjectMembentuk file kompilasi berakhiran EXE yang dapat dieksekusi setiap saat untuk file–file dalam project aktif
Build ProjectMembangun kembali semua komponen yang terdapat dalam project yang aktif yang telah mengalami perubahan
Syntax Check ProjectMengkompilasi module–module project yang tidak terikat dengan project tersebut. Perintah ini digunakan untuk mengecek kode dari kesalahan–kesalahan yang mungkin terjadi pada saat proses kompilasi
Compile All  ProjectMembentuk file kompilasai dengan akhiran EXE untuk seluruh file project yang sedang aktif
Build All ProjectMembangun kembali semua komponen yang terdapat dalam seluruh project yang aktif yang telah mengalami perubahan
OptionsMenampilkan kotak dialog Options
Menu Run        
Menu Run digunakan untuk menjalankan program dan melihat jalannya program. Anda juga dapat memantau jalannya program dengan memperhatikan prosedur yang dijalankan.
Submenu
Fungsi
RunMengkompilasi dan menjalankan program aplikasi yang telah anda buat
Attach to ProcessMemeriksa proses beberapa aplikasi yang sedang dijalankan, dan menampilkan daftar proses program aplikasi yang sedang dijalankan oleh komputer lokal. Pilih sebuah proses dari daftar dan klik dua kali pada attach untuk memulai pemeriksaan
ParametersMenentukan parameter awal untuk program aplikasi anda
Steep OverMenjalankan baris program satu persatu dalam suatu prosedur
Trace infoMenjalankan baris program satu persatu dalam suatu prosedur yang saling berhubungan
Trace to next source lineMenjalankan program dalam suatu prosedur dan akan berhenti bila menemukan baris perintah dalam suatu prosedur berikutnya
Run to CursorMenjalankan program hanya sampai pada lokasi kursor dalam code editor
Run until returnMenjalankan program sampai program mengeksekusi perintah return
Show Execution pointMenampilkan posisi kursor dalam jendela code editor
Program pauseMenghentikan program secara sementara
Program resetMenghentikan program secara permanen
Evaluate / ModifyMenampilkan kotak dialog Evaluate/Modify, dimana anda dapat mengevaluasi atau mengubah nilai pernyataan yang ada
Add WatchMembuka kotak dialog Watch properties. Dimana anda dapat memodifikasi watch
Add BreakpointMembuka kotak dialog breakpoint, dimana anda dapat membuat dan memodifikasi break-point
Menu Component       
Menu Component digunakan untuk menambah atau menginstal komponen-komponen baru.
Submenu
Fungsi

New Component

Membuat komponen baru

Install Component

Menginstal komponen baru

Import ActiveX Control

Menambah type library kontrol–kontrol ActiveX kedalam project Delphi 7

Install Packages

Menginstal paket–paket komponen yang telah disediakan Delphi 7

Configure Palette

Membuka kotak dialog palette properties untuk mengatur komponen-komponen dalam jendela component palette
 Menu Database
Menu Database digunakan untuk membuat, mengubah atau melihat database.
Submenu
Fungsi
ExplorerMembuka Database Explorer atau SQL Explorer
SQL MonitorMembuka SQL Monitor
Form WizardMembuat form melalui Database form wizard yang berfungsi untuk menampilkan data dari suatu database
Menu Tool
Menu Tool digunakan untuk mengubah option dan memanggil Database Desktop dari menu Delphi 7.

Submenu
Fungsi
Environment OptionsMenentukan konfigurasi Preferences, Library nama Path, dan mengubah tampilan Component Palette
Editor OptionsMenentukan konfigurasi editor
Dabugger OptionsMenampilkan kotak dialog Debugger Options
RepositoryMenampilkan kotak dialog Object Repository
Translation Tool OptionsMenampilkan kotak dialog translation Tool Options yang digunakan untun mengkonfigurasikan translations tools
Translation RepositoryMenampilkan Translation Repository
Regenerate Corba IDL FilesDigunakan untuk membangun aplikasi client atau server dengan menggunakan File IDL – Based
Configure ToolsMenampilkan kotak dialog Tool Options. Gunakan kotak dialog ini untuk menambah perintah, mengahapus perintah, atau mengubah perintah pada menu Tools
Database DesktopMenampilkan Database Desktop dimana anda dapat membuat, menampilkan, mengurutkan, memodifikasi, dan mengolah tabel Query dalam program Paradox, dBase, dan Format SQL
Package Collection EditorMembuat dan menyunting package collections (kumpulan Paket)
XML MapperMembuka kotak dialog XML Maping Tool
Rave DesignerMembuka program Rave Reports untuk membuat laporan
Image EditorMembuka lembar kerja Image Editor








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Akhlaq Seorang Bidan

5 Profil Akhlaq Seorang Bidan Yang Harus dimiliki Saya akan mengartikan secara lebih “bebas” atau fleksibel mengenai akhlaq ini dengan masalah kepribadian. Hal ini saya hubungkan dengan kepribadian kita yang sesungguhnya sebagai seorang bidan sehingga sehari-harinya di dalam menjalankan profesi menampakkan kemusliman kita dan bahwa kita adalah bidan yang muslimah dan beda dengan yang lainnya. Pertama , sebagai seorang muslimah, seorang bidan harus menunjukkan diri­nya sebagai yang menjalankan tugasnya secara profesional, penuh tanggung­ jawab dan di atas segalanya adalah niat ibadah semata kepada Allah. Kedua , seorang bidan harus dan wajib mensyukuri nikmat ilmu dan profesi­nya. Lewat itulah seorang bidan bisa beramal seluas-luasnya baik dalam konteks hablun min Allah wa hablun min al-Nas (hubungan jalinan kepada Allah dan manusia). Ketiga , karena profesi seorang bidan banyak berhubungan dengan manusia dalam arti individu dan keluarga, maka lewat profesinya memung

E – BOOK

  Pengembangan Pembelajaran Digital Berbasis  Digital Book (  E – BOOK ) Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Multimedia Pembelajaran yang diampu oleh Dr. H. Hudiana Hernawan, M.S. disusun oleh: Riana Abdul Azis NIM 20861007 Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana - Institut Pendidikan Indonesia Dengan perkembangan teknologi, dunia digital menjadi hal yang tidak dapat terpisahkan dari lingkup edukasi. Salah satu bentuk pembelajaran berbasis digital ialah lahirnya  digital book / E Book.  Sebagai titik terang dalam dunia pendidikan,  digital book  menduduki posisi yang sangat krusial. Merujuk pada hal tersebut, maka berikut merupakan pemaparan mengenai  digital book.  Pembuatan E-book sendiri relatif mudah dengan menggunakan software tertentu sebagai penunjang pembuatan E-book. berikut adalah video tutorial untuk membuat sebuah E-book